CERDAS DENGAN MASALAH

2 Jul 2009

Siapa sih yang hidupnya ingin ada masalah. Pasti setiap orang ingin hidupnya lurus, lempeng tanpa masalah. Sebab setiap masalah hanya membuat pusing, jengkel, dan membuat kepala rasanya seperti mau pecah, apalagi masalah itu tak pernah selesai-selesai, sekarang masalah ini beres, besok masalah lain sudah muncul kembali. Pusiiing!!

Tapi kalau dipikir ulang, masalah kadang perlu juga. Coba kalau kita hidup tanpa masalah, hidup begitu-begitu saja, lurus, stagnan, tidak ada riak gelombang, apa enak. Bayangkan, kalau semua jalan tol mungkin akan jenuh, mengantuk, dan tidak ada tantangan, coba kalau jalan berkelok-kelok, tangan kita aktif, berhati-hati, bisa menikmati, apalagi kalau jalan seperti offroad, naik gunung turun gunung, melewati sungai, lembah, dan rawa, rasanya penuh tantangan dan perjalanan cape tapi mengasikan. Bergelombang-gelombang tapi akhirnya membahagiakan.

Sejatinya begitulah hidup, riak itu biasa, gelombang itu tak terasa kalau kita berhasil mengatasinya. Gelombang masalah terasa besar kalau kita tak mau mencoba, mencari, menguraikan masalah yang kita hadapi. Saya pernah mendapat teguran dari atasan saya, sekali waktu saya tidak mau menghadapinya, sekedar koordinasi, atau laporan pun saya tidak lakukan. Lalu pimpinan saya yang bijak dan sepertinya tahu saya memiliki masalah berkata,Kamu kalau punya masalah harus dihadapi, bukan dihindari, kalau kamu membiarkan masalah itu dibiarkan, diendapkan, masalah itu akan semakin besar, kamu tak pernah menjadi, dewasa, pintar dan kamu tidak akan menjadi apapun, karena kamu selalu takut, masalah itu harus dihadapi bukan untuk dihindari,

Perkataan itu selalu memotivasi saya untuk menghadapi setiap masalah, dengan hati tenang, pikiran jernih, masalah itu kadang mengurai dengan sendirinya, masalah yang sepertinya besar bila dihadapi kadang tidak sebesar bayangan kita, dan masalah itu membuat kita menjadi semakin dewasa, bijak, dan arif menghadapi hidup. Satu lagi masalah juga membuat kita cerdas.

Cerdas dalam artian kita menjadi mengerti dan tahu. Contoh kecil saya suka sebel kalau komputer ada virus, walaupun telah menggunakan anti virus tetap virus tersebut tak mau hilang, lalu teman saya bilang kenapa tidak diinstal ulang, bagaimana caranya, saya tidak tahu cara menginstal (ini masalah buat saya), lalu saya cari tahu, bertanya, bagaimana cara menginstal komoputer, setelah saya tahu, saya bisa menginstal komputer sendiri, dan ketika saya menemukan permasalah yang sama, saya sudah tahu cara pemecahannya. Begitulah, dengan masalah kita banyak belajar, banyak menimba ilmu, dan semakin hari kita semakin cerdas.

Tidak heran para orang besar, cerdas, ahli, master, mereka adalah orang-orang yang mampu mengatasi setiap masalah dalam hidupnya, tanpa masalah mungkin kita tidak banyak belajar, kita jadi serba tidak tahu, serba takut, karena kita tak pernah punya pengalaman dalam menghadapi masalah, berbeda bila kita telah mengalami masalah, kita akan percaya diri menghadapainya, karena kita telah tercerdaskan oleh setiap masalah yang telah kita hadapi.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post