TAK ADA YANG ABADI

11 Jun 2009

2376
Tak ada yang abadi, begitu judul lagu Peterpan. Dari judul lagu itu tersimpan makna yang patut kita renungi, resapi dan gali.

Sewaktu kita kecil, mungkin segala sesuatu yang kita inginkan, akan dipenuhi oleh orang tua kita, mau ini-itu tinggal bilang, tak lama keinginan kita akan terwujud. Seolah waktu itu tidak ada kesusahan dalam diri kita. Semua tidak ada penderitaan. Tak ada kesengsaraan. Itu semua karena usaha orang tua kita sedang maju. Orang tua kita sedang berpunya. Orang tua kita sedang kaya.
42-19171256
Tapi menginjak kita dewasa, usaha orang tua kita mulai redup, menurun, dan bangkrut. Lalu satu-satu harta yang kita miliki mulai pindah tempat. Disana-sini mulai ditulis dijual. Mobil, rumah yang banyak, tanah yang luas. Semua dijual. Tersisa hanya rumah yang ditempati. Itu pun sertifikat tanahnya sudah digadaikan ke pihak Bank. Semua itu dipergunakan untuk biaya rumah sakit orang tua kita. Biaya rumah sakit, sakitnya orang tua kita yang dirawat yang tak kunjung sembuh.

Kita yang dulu hidup senang, suka jalan-jalan, bermain kemana suka bersama teman, mau kemanapun, ke luar negeri, bola-balik Bali, tinggal minta kepada orang tua kita, beli mobil terbaru, tinggal minta kepada orang tua kita, tugas kita hanya bermain, bersenang-senang, dan menghabiskan harta orang tua kita yang sepertinya tak pernah habis.
bmw-hancur
Tapi semenjak usaha orang tua kita bangkrut, sakit, semaunya berbalik. Saat kita dewasa kita menanggung semua kesenangan menjadi penderitaan. Kita harus pontang-panting mencari biaya buat pengobatan orang tua kita. Kita yang semula pekerjaannya hanya main. Harus memikirkan bagaimana mencari uang untuk berobat orang tua kita. Teman-teman yang dulu selalu kita traktir, diajak kemana-mana makan gratis, pada saat kita susah, malah pergi entah kemana. Kalaupun kita minta tolong, mereka malah balik berkeluh kesah, sepertinya masalah mereka lebih besar daripada masalah kita.

Itulah dunia, tak ada yang abadi. Kita harus siap menghadapi dunia yang tidak pasti.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post